Breaking News
recent

Mengenal Tentang Sistem Kelistrikan Mobil oleh - vipmobilmurah.online

Halo sahabat selamat datang di website vipmobilmurah.online, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Mengenal Tentang Sistem Kelistrikan Mobil, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca

Sistem kelistrikan merupakan salah satu sistem vital dalam kendaraan dan mungkin jarang dipahami juga oleh pemilik kendaraan. Tapi, tenang saja pada artikel Bengkel Mobilkamu kali ini, kamu akan mengenali berbagai komponen yang menunjang sistem kelistrikan #Mobilkamu. Sehingga, kamu dapat mengidentifikasi sebuah persoalan ketika suatu saat sedang terjadi kerusakan dalam kendaraan kamu.

Baca Juga Artikel:

Memperkenalkan Fungsi Sistem dan Cara Sistem Mobil Bekerja

1. Sistem Starter

Bengkel Mobilkamu – Sistem Starter

Sistem inilah yang membuat kendaraan Teman Mobilkamu menyala!

Sistem starter merupakan sebuah rangkaian kelistrikan yang berfungsi dalam proses cranking mesin. Cranking mesin berfungsi untuk memutarkan fly wheelpertama kali dan adanya pembakaran dalam mesin sehingga mesin kendaraan dapat menyala.

Komponen utama dalam Sistem Starter yaitu baterai, kunci kontak, relay, motor starter, dan sirkuit.

Cara kerja sistem motor starter:

  • Saat kunci kontak berada di posisi "ON" relay utama akan terhubung, menyebabkan arus dari baterai mengalir ke semua sistem kelistrikan mobil.
  • Saat kunci kontak pada posisi "ST", relay starter switch akan terhubung, sehingga arus akan mengalir dari baterai ke terminal 50 pada starter clutch.

2. Sistem Pengisian

Bengkel Mobilkamu – Sistem Pengisian

Penasaran seperti apa rangkaian dan cara kerja sistem pengisian pada kendaraan? Tenang, Bengkel Mobilkamu akan bahas lengkap tentang sistem pengisian!

Sistem pengisian bekerja menggunakan alternator sebagai komponen utamanya. Alternator merupakan sebuah perangkat sistem kelistrikan yang berfungsi untuk mengubah gerakan rotasi menjadi energi listrik AC.

Rangkaian sistem pengisian:

  • Saat kunci kontak dalam keadaan "ON".
    • Dimulai dari baterai arus melewati fusible link karena kunci kontak terhubung, maka arus mengalir ke regulator.
  • Saat mesin dihidupkan.
    • Ketika mesin dihidupkan, pulley alternator akan berputar sehingga rotor yang sudah memiliki kemagnetan akan berputar pada kumparan dan menyebabkan arus mengalir dari alternator menuju output alternator.

3. Sistem Pengapaian

Sistem pengapian adalah sebuah rangkaian mekatronika yang berfungsi untuk menyalurkan energi listrik bertegangan tinggi dengan input bertegangan rendah sehingga membuat busi mengeluarkan percikan api.

Beberapa macam sistem pengapian yang perlu Teman Mobilkamu ketahui, yaitu:

  1. Pengapian Konvensional: Sistem ini bekerja secara konvensional dengan menggunakan kontak mekanik untuk menentukan interval busi menyala.
  2. Pengapian Translator: Sistem ini berfungsi sebagai pengapian elektronik karena sudah menggunakan transistor sebagai pengganti kontak mekanik.
  3. Pengapian DLI: Sistem DLI merupakan skema pengapian yang tidak dilengkapi dengan distributor. Sistem ini paling banyak ditemui pada mobil EFI.
  4. Pengapian CDI: Sistem pengapian yang menggunakan kapasitor sebagai sumber pembangkit induksi pada coil.

4. Lampu Peringatan dan Lampu Indikator Kesalahan (MIL)

Bengkel Mobilkamu – Lampu Peringatan & Lampu Indikator Kesalahan

Lampu indikator #Mobilkamu menyala, jangan dianggap sepele!

Masih banyak yang menyikapi ketika lampu indikator mobil menyala langsung dibawa ke bengkel terdekat. Padahal, tidak perlu membawanya ke bengkel karena pada umumnya lampu indikator akan menyala sesuai dengan tingkat urgensinya dan dapat mengeceknya secara mandiri.

Macam-macam lampu indikator yang perlu diketahui oleh Teman Mobilkamu:

  1. Indikator Check Engine: Lampu check enginemerupakan salah satu lampu indikator yang krusial dan sering disebut juga dengan namaMalfunction Indicator Lamp (MIL).
  2. Indikator Sabuk Pengaman: Lampu indikator ini akan menyala, jika Teman Mobilkamu belum memasang sabuk pengaman saat mobil sudah berjalan dan indikator ini juga akan mengeluarkan suara peringatan.
  3. Lampu "ABS": Lampu indikator ini menunjukan kondisi fitur anti-lock braking systemyang dimiliki oleh #Mobilkamu. ABS berfungsi untuk mencegah terjadinya penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak.

5. Gadget Listrik Lainnya

Bengkel Mobilkamu – Gadget Listrik Lainnya

Meskipun sebagian besar dari komponen sistem kelistrikan mobil yang sedang terjadi kerusakan harus melakukan perbaikan secara profesional, namun ada beberapa komponen yang bisa ditangani secara mandiri:

  1. Sekering: Berfungsi untuk melindungi rangkaian komponen listrik. Sekering terletak di kotak sekring yang biasanya ditemukan di bawah atau dekat dasbor dan mungkin di bawah kap mesin.
  2. Wiper Kaca Depan: Teman Mobilkamu perlu memeriksa dan bilahnya diganti secara berkala.
  3. Flashing Sinyal Arah: Berfungsi memberi tahu kamu apakah sinyal arah itu sendiri berkedip. Komponen ini dirancang untuk memberikan petunjuk tentang kegagalan fungsi di tempat lain pada kendaraan kamu.

Itulah tadi informasi mengenai Mengenal Tentang Sistem Kelistrikan Mobil dan sekianlah artikel dari kami vipmobilmurah.online, sampai jumpa di postingan berikutnya. selamat membaca.

topglobal99

topglobal99

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.